Waduk Cirata yang Exotis

Waduk Cirata terbentuk dari adanya genangan air seluas 62km2 akibat pembangunan waduk yang membendung Sungai Citarum. Genangan waduk tersebut tersebar di 3 (tiga) kabupaten, yaitu Kabupaten Cianjur, Purwakarta dan Kabupaten Bandung.

Genangan air terluas terdapat di Kabupaten Cianjur, yang kemudian dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata rekreasi berbasis air. Saat ini objek wisata tirta yang paling berkembang dan ramai dikunjungi wisatawan lokal di kawasan Waduk Cirata adalah Jangari dan Calingcing di Kabupaten Cianjur. Padahal selain kedua tempat tersebut, masih banyak daya tarik potensial lainnya yang belum dikembangkan, seperti bendungan dan teknologinya, wisata agro, Wisata Pemancingan dan ekowisata hutan. Lokasi yang strategis maupun daya tarik yang cukup beragam tadi nampaknya belum cukup untuk menjadikan objek wisata ini dikunjungi wisatawan non lokal, terlebih mancanegara

Saat itu kami ber 6 melakukan perjalanan ke Waduk Cirata melalui Cibarusah dan melalui Jonggol. Pemandangan sepanjang perjalanan begitu Indah. Pegunungan yang dikelilingi pepohonan yang rindang dan hijau membuat suasana menjadi sejuk dan Indah. Dibeberapa lokasi terlihat penambangan Pasir dan Batu-Batu.

Selain berpungsi sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) danau yang berketinggian sekitar 223 meter di atas permukaan laut itu, dikelilingi bukit menjadikan keindahan alam yang sangat menarik.
PLTA Cirata merupakan Proyek Induk Pembangkit Hidro Jawa Barat (Pikitdro Jabar) yang dapat membangkitkan energi listrik rata-rata sebesar 1.426 juta kilowat/jam pertahun Bila melakukan perjalanan dari Kota Purwakarta melalui Plered, kita akan tiba di Cirata dalam waktu kurang lebih 40 menit. Dalam perjalanan itu, dapat dinikmati keindahan alam di sepanjang jalan Plered-Cirata.

Diwaduk ini akan banyak sekali ditemukan Kolam Ikan terapung yang menghasilkan Ribuan Ton Ikan. Ikan yang di budidayakan seperti Ikan Mas, Ikan Nila, Ikan Tawes dan Juga Ikan Patin.

Saat kita menuju lokasi kita menggunakan Perahu untuk menuju Kolam Terapung, Perjalanan hanya berkisar 10 Menit sudah sampai ke Lokasi yang kita tuju.

Selama perjalanan kelokasi mancing kita akan di suguhi Panorama dan Keindahan Cirata, Pegunungan disekitarnya akan membuat kita terpesenona. Setibanya di lokasi pemancingan kita sudah membawa perlengkapan untuk masak. Kita masak di Saung dengan sajian Ikan Goreng yg segar.

Makan bersama di atas Kolam Ikan

Mancing diatas Kolam Ikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>