DPT masih semrawut, Pengurus RT Protes

Pemilihan Calon Bupati Bekasi di 2012 nanti masih saja memberikan pekerjaan buat para pengurus RT di Wilayah Bekasi.

Beberapa Pengurus RT mengeluhkan data yang di berikan masih menggunakan data tahun 2007. Padahal sudah beberapa kali Pengurus RT melaporkan perubahan data-data Warganya ke kelurahan di mana berada. Data hasil Sensus Penduduk di tahun 2010 pun tiidak dipergunakan untuk menjadi acuan DPT untuk Pemilihan Bupati dan wakil Bupati nanti.

Pemilu 2009 Cikarang Baru

“Pihak kelurahan meminta laporan data warga lagi. Padahal kita sudah memberikan perubahan data itu berkali-kali”  Keluhan ini disampaikan oleh Pak Pras sebagai Pengurus RT di Lingkungan Perumahan Cikarang Baru.

Lain lagi yang disampaikan Pengurus RT di Lingkungan RW.07 Perumahan Cikarang Baru. Menurutnya data yang di berikan ke kami merupakan data tahun 2007. “Orang yang sudah meninggal dan sudah tidak tinggal diwilayahnya masih saja ada” Bagaimana sich.

KPUD Kabupaten Bekasi sudah meminta kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk segera meminta data yang Valid.

Jangan sampai ada pemilih yang terlewat atau ganda pada daftar penduduk potensial pemilih, sebelum disahkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT),” kata Ketua KPUD Kabupaten Bekasi, Adi Susila.

Menurut Adi, proses penetapan pemilih didasarkan pada kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Bekasi, dan lamanya penduduk tinggal, sekurang-kurangnya 6 bulan sebelum proses pendaftaran dalam DP4. Data DP4 pada Pemilu 2009, kata Adi, berjumlah 1,6 juta pemilih.

DPT Pemilu Bekasi masih Semrawut

“Jumlah pemilih diperkirakan mengalami peningkatan sekitar 10 persen dari Pilkada tahun 2007. Dia berharap partisipasi masyarakat dalam Pilkada nanti akan meningkat,” katanya.

KPUD, kata Adi, sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh Kepala Desa dan Camat Se Kabupaten Bekasi, agar membantu proses persiapan pelaksanaan Pilkada. Di antaranya adalah membantu dalam menyusunan DP4, pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada bulan Septermber 2011 mendatang, serta membantu beberapa tahapan Pilkada lainnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Apuri, di Cikarang, mengatakan, bahwa pihaknya sampai saat ini terus melakukan pendataan DP4 sampai akhir September mendatang. Untuk memastikan tidak ada pemilih yang terlewat, Disdukcapil melibatkan perangkat desa dan ketua RW. Namun hingga hari ini masih saja Pihak RT masih disibukkan dengan data-data yang tidak Valid dan terkesan apa yang diberikannya selama ini tidak digunakan atau dirubah oleh Dinas Kependudukan.

Dari beberapa perbincangan dengan Warga, Warga Pesimis dengan Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati tahun 2012 nanti. Warga banyak yang memutuskan untuk tidak ikut dalam Pemilihan Bupati nanti. (ww/2011)

Warga saat ikut Pemilu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>