Biaya sekolah makin Tinggi. Ajaran Baru, Buku semuapun harus baru

Bekasi – Tahun ajaran baru sekolah 2012 sudah datang, hal ini membuat para orangtua murid pun harus siap-siap dengan pungutan-pungutan baru. Selain Orang tua harus membelikan Pakaian Baru, Sepatu Baru, Buku Tulis Baru juga harus di tambah dengan Pengeluaran untuk Uang Buku Pelajaran yang juga harus serba baru dan Uang Kegiatan.  Orang tua harus menyediakan dana lebih yang nilainya bahkan besar sekali kalau harus di bayarkan sekaligus, apalagi kalau punya anak yang sedang sekolah 3 – 4 Orang, sudah tentu orang tua akan pusing tujuh keliling…mungkin lebih.

Biaya sekolah masih Tinggi. Ajaran Baru, Buku semuapun harus baru

Sekolah SMP

Buku yang harusnya masih bisa di pakai oleh adik-adik mereka yang baru masuk sekolah sudah mesti ganti dan ganti lagi dan ironisnya hal ini hampir setiap tahun terjadi, yang lebih aneh lagi ada sekolah-sekolah yang sibuk merapatkan tentang berapa persen yang harus di terima dari hasil buku yang terjual, tanpa berpikir bahwa masih banyak anak didiknya yang benar-benar kurang mampu dan harus di ringankan beban mereka. Bukankah saat ini pemerintah sedang mencanangkan Efesiensi. Pemakaian Listrik saja harus di Efesiensi. Nah untuk Urusan sekolah juga harusnya bisa di Efesiensikan. Bisa mempergunakan buku yg lama yg di punyai Kakak nya atau malah bisa pinjam bekas tetangga sebelahnya. Kualitas pendidikan bukan berarti buku harus baru. Jaman Teknology seperti saat ini kita bisa menggunakan e-book. Perbaikan Kualitas Guru sepertinya lebih bermanfaat buat sekolah.

Tahun Ajaran Baru Sekolah

Anak SD

 

Sebuah contoh di Sekolah Swasta SD dan SMP di Lingkungan Perumahan Cikarang Baru untuk Tahun ajaran baru sekolah 2012 ini mengharuskan membayar uang Buku Tahun Ajaran 2012 / 2013 dan Uang Kegiatan dengan rincian sbb :

Uang Buku sebanyak 17 Macam Buku nilainya lebih dari Rp. 500.000,- , Uang Kegiatan selama setahun Rp. 1.635.000,-.  Tapi anehnya untuk uang kegiatan sekolah biasanya akan melakukan pungutan lagi saat kegiatan berlangsung. Anak-anak dimintai lagi untuk membawa perlengkapan maupun beli peralatan untuk kegiatan tersebut.

Uang Buku dan Kegiatan 2012 sebuah SMP Swasta

 

Pemerintah Kabupaten Bekasi harus segera turun tangan dan melakukan pengawasan dan pembenahan terhadap hal ini. Jangan sampai penyiapan SDM yang di canangkan Bupati Bekasi Hj.Neneng  di Bekasi ini menemui hambatan dan makin banyak anak Usia sekolah tidak bisa sekolah dan akhirnya menganggur. Berikan kesempatan kepada Orang tua yang tidak mampu untuk bisa menyekolahkan anak-anaknya secara Gratis.  Kalau Dana dari Pemerintah kurang mungkin bisa mempergunakan Dana CSR dari Perusahaan- Perusahaan di lingkungan Kabupaten Bekasi. Pembentukan SDM yang berkualitas harus di mulai sejak dini. Memang dibutuhkan banyak Dana untuk hal ini. Dibutuhkan orang-orang yang Peduli dengan Penyiapan SDM di Bekasi ini.Khususnya kesempatan untuk dapat bersekolah Gratis bagi warga yang tidak mampu.

Bapak dan ibu pendidik tercinta, cobalah kita lirik anak didik kita, tidak semua dari mereka memiliki ekonomi berkecukupan, bahkan ada orang tua yang harus menitikkan air mata karena bingung harus membayar semua keperluan sekolah anaknya setiap tahun ajaran baru tiba.

Ada sebuah Keluarga yang hidupnya sangat Pas-Pasan di Sekitar Cikarang Baru ini. Anaknya, sebut saja Anggita namanya, memiliki Prestasi di Sekolahnya di Sekolah Dasar namun tidak memiliki biaya untuk masuk ke Sekolah berikutnya. Ibunya menangis dan memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolah anaknya. Untung ada seorang Ibu-Ibu yang mau mengusahakan dan membantunya mencarikan sekolah yg gratis buat beliau. Alhamdulillah atas pertolongan Allah dan kebaikan seorang Ketua Yayasan Sekolah Swasta akhirnya Anggita bisa sekolah secara Gratis. Beliau di berikan Beasiswa oleh Sekolah Swasta tersebut.

Biaya sekolah makin Tinggi. Ajaran Baru, Buku semuapun harus baru

Anak putus sekolah

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>