1000 orang meninggal akibat Badai Washi di Philipina Selatan

Philipina РBadai Washi di Philipina Selatan membawa hujan lebat yang membuat air sungai meluap, banjir bandang dan tanah longsor yang melanda daerah kumuh di pantai pada malam hari, sehingga membuat warga terkejut. Sangat banyaknya korban jiwa membuat  tempat pemakaman kewalahan di wilayah itu. Akibatnya banyak mayat tergeletak di mana-mana.

Badai di Philipina Selatan

Dewan pemantauan bencana pemerintah menyatakan  data terbaru akibat badai tropis Washi telah menewaskan 957 orang dan membuat 49 orang lagi hilang setelah badai itu menerjang Pulau Mindanao di Filipina selatan dan daerah sekitarnya pada akhir pekan lalu.

Kota besar pelabuhan di Filipina selatan, Cagayan de Oro dan Iligan adalah yang paling parah diterjang badai Washi, 579 dan 279 orang tewas di masing-masing kota tersebut, kata dewan penanganan bencana di dalam satu pernyataan.

badai-filipina

Kepala dewan penanganan bencana Benito Ramos mengatakan jumlah korban jiwa bertambah saat beberapa mayat yang dihanyutkan air ke laut ditemukan mengambang. “Semua mayat itu berada di bawah air selama tiga hari pertama tapi sekarang, dalam kondisi membusuk, semuanya naik dan mengambang ke permukaan,” kata Ramos.

Topan Washi

Pemerintah Cagayan de Oro dan Iligan sedang mempersiapkan pemakaman massal bagi mayat tak dikenal guna menghindari masalah kesehatan dan bau yang menyengat. Presiden Filipina Benigno Aguino dijadwalkan mengunjungi kedua kota besar tersebut pada Selasa guna menilai kerusakan dan memerksa upaya pertolongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>